Minggu, 25 Juli 2010

Penilaian Tentang Profesional IT

Ketika hendak menulis mengenai "penilaian tentang profesional IT, saya justru bingung harus menulis apa. Harusnya profesional IT hendaknya memiliki beberapa standart kompentensi yang harus dipenuhin seseorang agar bisa dikatakan profesional IT, dimana standar yang dimaksud adalah mengenai pengetahuan, keterampilan, sikap kerja, hasil karya yang memuaskan. Apabila menguasai standar kompentensi itu, orang tersebut dapat memahami:
- cara mengerjakan apa yang menjadi tugasnya
- darimana harus memulai tugasnya, agar tugasnya itu tidak hanya sekedar selesai, tetapi memberikan hasil yang memuaskan
- apa yang harus dilakukan ketika tugasnya melenceng dari rencana semula
- apa dan bagaimana ketika dia dihadapkan pada suatu permasalahan


Sementera, profesioanl IT hendaknya memiliki manfaat standart kompetensi yang terpada pada lembaga sertifikasi profesi, perusahaan, pelatihan dan pendidikan.
- Lembaga sertifikasi profesi
Manfaat standar kompetensi pada kembaga sertifikasi profesi adalah sebagai acuan dalam penyusunan klasifikasi dan kualifikasi, Kriteria pengujian dan tolak ukur pengujian.
- Perusahaan
Manfaat standar kompetensi pada perusahaan adalah sebagai alat manajemen, terutama dalam menentukan organisasi kerja dan perencanaan jabatan, evaluasi/penilaian karyawan dan pengembangannya, perekrutan tenaga kerja, Mengembangkan program pelatihan yang khas/spesifik sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
- Pelatihan dan pendidikan
Manfaat standar kompetensi pada lembaga ini bertujuan untuk acuan dalam penyusunan kurikulum dan pengembangan pengajaran, sekaligus mendorong konsistensi dalam menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan, serta menetapkan kualifikasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar