Minggu, 25 Juli 2010

Perkiraan Perkembangan IT di Masa Depan

Bingung ketika hendak membahas dan membicarakan bagaimana perkembangan IT di masa depan. Hal itu disebabkan oleh karena perkembangan dunia IT yang begitu pesat, dan belum lagi ada penelitian yang mengatakan bahwa jumlah informasi yang dikumpulan di 10 tahun terakhir ini yang menyamai jumlah yang dikumpulkan dari zaman purba dahulu. Hal ini dibuktikan dari dunia yang sedang kita masukin saat ini, beberapa tahun yang lalu komputer adalah barang yang mewah dan hanya digunakan untuk kalangan korporat saja, namun sekarang ini hampir semua orang memiliki masing-masing satu komputer. Rasanya tanpa komputer kita akan merasa tertinggal jauh dari teman-teman. Komputerpun bagi kalangan pelajar dan mahasiswa sangat membantu dalam proses pembelajaran, apalagi dengan adanya internet, apapun bisa kita cari di Internet. Bagi dunia IT, alat yang satu ini merupakan kunci pesatnya kemajuan dunia IT. Selain komputer, kita tahu bahwa beberapa tahun yang lalu, handphone merupakan barang yang mewah meskipun handphone tersebut hanya dapat digunakan untuk melakukan panggilan dan menerima serta membalas pesan saja. Namun dapat kita lihat saat ini, handphone bisa menjadi asisten pribadi kita, dengan alat ini kita bisa mengatur jadwal kita, berkomunikasi dengan keluarga, sahabat serta partner bisnis, lalu handphone juga bisa digunakan untuk memotret, merekam video, menonton TV, dan berbagai macam fitur lainnya. Dalam perkembangan dunia IT, alat ini memegang suatu peranan yang sangat penting, karena dengan adanya handphone, informasi dapat langsung dikirim pada penerima, selalu up-to-date, dsb.


Pertanyaannya bagaimanakah perkembangan IT di masa depan ?? apakah akan sangat maju ? akankah ditemukan teknologi-teknologi baru ?? Akankah peran manusia digantikan oleh para robot ?? kita semua belum tahu jawabnnya, tapi semua orang bisa memprediksikan bagaiman perkembangan IT di masa depan. Kini sedang gencar-gencarnya dibahas green computing yang diklaim dapat memberikan efek yang baik bagi bumi kita, dimana takkan ada lagi pencemaran-pencemaran dan energi yang terbuang percuma. Segala sesuatunya diterapkan pada teknologi-teknologi yang akan datang agar dapat melestarikan lingkungan kita, bumi kita. Kita dapat berandai-andai bahwa di masa depan bahan bakar fosil yang tidak dapat diperbaharui tidak akan lagi digunakan untuk kendaraan bermotor, bahan bakar tersebut tergantikan oleh energi surya yang tidak akan pernah habis atau bahan bakar dari tumbuh-tumbuhan. Hal ytang sama mungkin akan diterpakan pada komputer, laptop, handphone, dsb, yang tidak membutuhkan energi listrik lagi. Kemanapun kita berpergian, kita dapat menggunakan gadget kita tanpa harus takut kehabisan power. PC di masa depan tidak lagi berbentuk balok besar yang memakan banyak ruang, mungkin di masa depan PC akan berukuran seperti flash disk atau memory card, kecepatan processornya pun berkisar di satuan Tera Hertz, hard disk akan berukuran satu juta kali lebih besar dari hard disk yang banyak digunakan saat ini. Untuk alat komunikasi, mungkin handphone yang kebanyakan berukuran 10 x 5 cm ini tidak akan kita temukan lagi, untuk berkomunikasi kita cukup mendengarkan dan berbicara, mesinnya telah terintegrasi pada tubuh kita yang dimasukkan melalui makanan atau pil yang diminum. Laptop yang berbentuk buku yang bisa dilipat mungkin di masa depan hanya berbentuk bak lembaran-lembaran kertas dengan layar sentuh dan dapat dilipat sekecil mungkin agar muat di saku kita.


Berbagai perubahan dapat terjadi di dunia IT, yang jelas perubahan tersebut mengarah ke kemajuan IT, karena tidak mungkin dunia IT mengalami kemunduran. Sekarang yang terpenting adalah bagaimana kita menyikapinya, apakah kita akan selalu jadi konsumen ataukah produsen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar